Obat Herbal Kolesterol – Adakah Obat Penurun Kolesterol Herbal?



Obat Penurun Kolesterol Herbal

Sebelum kita bicara lebih jauh tentang obat herbal kolesterol, kita perlu mengetahui dahulu lebih detil tentang KOLESTEROL itu sendiri.

Apa itu Kolesterol?

Kolesterol adalah lemak (lipid) yang diproduksi oleh hati. Kolesterol sangat penting untuk fungsi tubuh normal. Setiap sel dalam tubuh kita memiliki kolesterol dalam lapisan luarnya.

Ada Berapa Jenis Kolesterol?

Ada tiga tipe kolesterol dalam tubuh kita, yaitu:

  1. HDL (high density lipoprotein) – orang awam sering menyebut HDL sebagai kolesterol baik. Para ahli mengatakan HDL mencegah penyakit arteri. HDL melakukan kebalikan dari LDL – HDL akan membawa kolesterol jauh dari sel dan kembali ke hati. Dalam hati itu bisa dipecah atau dikeluarkan dari tubuh sebagai sampah/ekskresi.
  2. LDL (low density lipoprotein) – Umumnya orang mengenalnya sebagai kolesterol jahat. LDL membawa kolesterol dari hati ke sel. Jika terlalu banyak LDL yang dibawa ke sel, maka  akan ada penumpukan dan sangat berbahaya. Lipoprotein ini dapat meningkatkan risiko penyakit arteri jikakandungannya terlalu tinggi. Umumnya kandungan LDL dalam darah manusia adalah sekitar 70%  (ini dapat bervariasi, tergantung pada orangnya).
  3. Trigliserida – ini adalah bentuk kimia dari sebagian besar lemak yang ada dalam tubuh, serta dalam makanan. Mereka ada dalam plasma darah. Trigliserida, berkaitan dengan kolesterol, membentuk lipid plasma (lemak darah). Trigliserida dalam plasma berasal baik dari lemak dalam makanan kita, atau dibuat dalam tubuh dari sumber energi lainnya, seperti karbohidrat. Kalori yang kita konsumsi, tetapi tidak segera digunakan oleh jaringan maka akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel-sel lemak. Ketika tubuh Anda membutuhkan energi dan tidak ada makanan sebagai sumber energi, trigliserida akan dilepaskan dari sel-sel lemak dan digunakan sebagai energi – hormon mengontrol proses ini.

Apa kegunaan dari Kolesterol?

Berikut ini adalah Fungsi Utama dari kolesterol dalam tubuh kita:

  • Membangun dan memelihara membran sel (lapisan luar),  dan mencegah kristalisasi dari hidrokarbon di membran
  • Kolesterol penting untuk menentukan molekul dapat masuk ke sel dan yang tidak bisa (permeabilitas membran sel)
  • Penting dalam produksi hormon seks (androgen dan estrogen)
  • Penting untuk produksi hormon yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal (kortisol, kortikosteron, aldosteron, dan lain-lain)
  • Membantu dalam produksi empedu
  • Mengkonversi sinar matahari untuk vitamin D.
  • Penting untuk metabolisme vitamin larut lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan K

Berapa sih Kadar Kolesterol Normal dalam Tubuh?

Kadar kolesterol normal dalam tubuh idealnya adalah antara 160 – 200 mg/dl. Kadar optimal LDL dalam darah adalah Kurang dari 100 mg/dl, masih kategori baik jika masih dibawah 130 mg/dl,  sangat tinggi/buruk jika kadarnya sudah diatas 190 mg/dl. Sedangkan Kadar HDL baik adalah diatas 40 mg/dl,  yang bagus yaitu diatas 60 mg/dl, Buruk jika kandungannya cuma dibawah 40 mg/dl.

Bagaimana Cara menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah?

Berikutnya akan dibahas cara-cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, baik melalui obat farmasi, obat herbal dan cara alami.

Cara Alami

Kita harus mengendalikan kadar kolesterol normal dalam plasma darah tubuh kita agar terhindar dari penyakit arteri mematikan seperti: Jantung koroner ataupun Stroke.

Untuk dapat mencapai kadar normal kolesterol, anda sebaiknya menghindari:makanan berupa Karbohidrat dan gula serta hasil olahannya, santan, minyak, dan makanan yang berlemak tinggi. Usahakan hanya memakan maksmal 10% lemak jenuh dalam sehari dari total makanan anda.

Perbanyaklah makan makanan dengan kandungan Lemak tak jenuh tunggal (cth:alpuka) dan omega 3, seperti ikan. Dan lakukan: Olahraga, tidak merokok, serta turunkan berat badan.

Obat Kimia untuk Munurunkan Kolesterol

Berikut ini adalah beberapa obat yang dapat diminum untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita:

a. Golongan asam fibrat à Gemfibrozil, Fenofibrate dan Ciprofibrate.

Fibrate menurunkan produksi LDl dan meningkatkan kadar HDL. LDL ditumpuk di arteri sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung, sedangkan HDL memproteksi arteri atas penumpukkan itu.

b.Golongan resin à Kolestiramin (Chlolestyramine)

Obat antihiperlidemik ini bekerja dengan cara mengikat asam empedu di usus dan meningkatkan pembuangan LDL dari aliran darah.

c.Golongan Penghambat HMGCoa reduktase à Pravastatin, Simvastatin, Rosavastatin, Fluvastatin, Atorvastatin.

Menghambat pembentukan kolesterol dengan cara menghambat kerja enzim yang ada di jaringan hati yang memproduksi mevalonate, suatu molekul kecil yang digunakan untuk mensintesa kolesterol dan derivat mevalonate. Selain itu meningkatkan pembuangan LDL dari aliran darah.

d. Golongan Asam nikotinat à niasin

Dengan dosis besar asam nikotinat diindikasikan untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah

e. Golongan Ezetimibe

Menurunkan total kolesterol dan LDL juga meningkatkan HDL dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

source:www.farmasiku.com

Obat Herbal Kolesterol

Saat ini banyak orang yang beralih ke obat herbal untuk alternatif pengobatan, termasuk untuk menurunkan kadar kolesterol.  Trus apakah obat kolesterol herbal yang bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat normal kembali?

  • Beberapa obat kolesterol herbal yang beredar di pasaran mengandung Perpaduan antara Daun Sirsak Dan Kulit Manggis yang diklaim Lebih Aman dan Manjur. Daun Sirsak dan Kulit manggis mengandung zat aktif xanthone yang diyakini dapat menurunkan kadar LDL dalam darah.
  • Obat herbal lainnya mengandung: Curcuma xanthhorizza, Curcuma domestica, Gynura segetum
  • Selain itu ada perusahaan yang mengklaim bahwa Jelly Gamat mampu menumpas masalah kolesterol ini, Jelly gamat ini dibuat dari Ekstrak Teripang.
Jika anda mempunyai info atau sudah pernah mencoba sendiri obat herbal kolesterol alami yang terbukti manjur dan dapat menurunkan kolesterol amda, silakan bagi ke kita dengan menuliskan komentar dibawah artikel ini, jadi banyak orang yang mempunyai masalah yang sama dapat terbatu karena info anda yang bermanfaat.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (11 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +12 (from 12 votes)
Obat Herbal Kolesterol - Adakah Obat Penurun Kolesterol Herbal?, 10.0 out of 10 based on 11 ratings