Ibu Muda Wajib Baca! “Alat Kontrasepesi” Tidak Berfungsi! Setelah Melahirkan Baru Terungkap “Kenapa Bisa Kebobolan”!

Posted on

Seorang ibu 32 tahun di China mengikuti program KB dengan alat Intra-Uterine Device, sebuah alat untuk mencegah kehamilan setelah dia dan suami memutuskan untuk hanya memiliki 1 anak saja. Akhir – akhir ini, sang istri merasa perutnya semakin lama semakin membesar dan dia sudah tidak datang bulan selama 3 bulan. Karena itulah mereka memeriksakan diri dan hasilnya, sang istri mengandung anak ke dua.

Istrinya kaget! Dia beritahu dokternya kalau dia sudah ikut program KB 4 tahun yang lalu setelah melahirkan anak pertama dan mencurigai hasil tes dokter. Namun, berkas – berkas hasil pemeriksaan menunjukkan kalau dia benar – benar hamil. Karena merasa janin ini pemberian dari Tuhan, mereka memutuskan untuk melahirkan anak ini.

Ketika hari kelahirannya, semua dokter dan suster yang membantu kelahiran kaget bukan main! Alat kontrasepsi yang dipasang di dinding rahim tubuh ibu ini dipegang oleh bayi ketika keluar dari perut ibunya! Ternyata pemasangan alat ini tidak pas di dinding rahim sehingga saat pembentukan janin, alat ini ikut masuk ke dalam plasenta ibu! Untung saja ibu dan anak sehat walafiat ya!

Tapi mengapa bisa sampai terjadi hal ini? Ada 5 poin penting ynag harus diperhatikan ketika kita memasang UID

1. Jangan Berhubungan Intim dalam Jangka Waktu yang Ditentukan Setelah Pemasangan

Biasanya, 3 hari sebelum pemasangan dan 2 minggu setelahnya sangat dilarang untuk berhubungan intim.

2. Diharuskan untuk Melalukan Pemeriksaan Rutin

Meskipun sudah memasang alat kontrasepsi, setiap 1,3,6 bulan sekali, lakukanlah pemeriksaan, minimal 1 tahun sekali.

3. Cek Apakah Alat Kontrasepsi Sudah Terpasang dengan Baik

Beberapa kejadian alat kontrasepsi lepas dari dinding rahim karena darah yang keluar saat mens terlalu banyak. Karena itu, sangatlah penting untuk selalu cek apakah alat kontrasepsi masih terpasang dengan baik atau tidak.

4. Perhatikan Apakah Mens Anda Masih Tepat Waktu Atau Tidak

Kalau 1 – 2 bulan tidak mens, kemungkinan anda hamil! Segeralah periksakan diri ke dokter terdekat.

5. Kalau Hamil, Harus Lakukan Pemeriksaan!

Kalau masih hamil walaupun sudah memakai alat kontrasepsi, harus segera dilakukan pemeriksaan secara berkala! Karena jika tidak, kemungkinan janin akan terpengaruh oleh alat kontrasepsi.

Sumber: cerpen.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *